Meretas Permasalahan Islam di Dunia

Strategi, Metode, Pendekatan, dan Teknik Pembelajaran

Mengajar adalah proses yang alami dan penuh dengan kesadaran, akan tetapi mengajar bukan hanya transfer pengetahuan antara pendidik dan peserta didik, lebih jauh dari itu bahwa proses pendidikan harus  di dahului dengan perencanaan yang sistematis dan dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Pendidik di dalam menjalankan tugasnya harus terlebih dahulu menyusun beberapa perencanaan yang meliputi strategi, metode, pendekatan pembelajaran dan teknik, masing-masing diantaranya  harus menjadi senjata bagi guru dalam mencetak insan kamil. 
Tugas apapun jika tidak menggunakan alat niscaya akan sulit akan mendapatkan apa yang telah dituju pada sebelumnya. Karena guru bertugas untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan membentuk akhlak peserta didik, supaya perihal tersebut dapat tercapai dan prosesnya tertata dengan rapi serta berbagai masalah dalam kelas di pertimbangkan maka strategi, metode, pendekatan dan teknik  pembelajaran harus di rencanakan pada sebelumnya.

Selama ini para guru mengartikan strategi, metode, pendekatan dan teknik pembelajaran tidak ada berbedaan, padahal masing-masing di antaranya mempunyai konotasi yang berbeda, Nah berikut ini akan saya uraikan pengertian  strategi, metode, pendekatan, dan teknik pembelajaran;

1. Strategi pembelajaran
Strategi dalam pendidikan berbeda dengan strategi dalam militer. Strategi dalam militer sebagai pengumpulan bahan-bahan informasi yang di rancang untuk mengalahkan musuhnya, akan tetapi bila strategi di terapkan dalam pendidikan mempunyai konotasi yang berbeda. Perbedaaan tersebut berada dalam tujuan.  Strategi pendidikan bertujuan untuk memberikan pembelajaran dengan maksimal dan dapat di serap siswa dengan cara yang mudah.

Sebagaimana yang di katakan oleh J.R david a plan, method, or series of activities designed to achieves a particulator educational goal.  Secara mudahnya strategi sebagai suatu perencanaan yang berisi tentang kegiatan pembelajaran yang di desain untuk mencapai tujuan pembelajaran
Dari penjelasan di atas bahwa dalam strategi terdapat dua kandungan yang sangat mendalam. Pertama strategi merupakan rencana tindakan dengan menggunakan metode, pemanfaatan sumber daya alam yang ada. Kedua strategi di susun untuk mencapai tujuan tertentu. Semua tindakan, pembentukan keputusan, pemilihan metode dan pemanfaatan SDA  dimaksudkan untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Metode pmebelajaran
Di atas di jelaskan bahwa strategi adalah perencanaan kegiatan pembelajaran. Untuk merealisasikan perencanaan tersebut agar berjalan dengan efektif, maka diperlukan metode. Pada sebuah strategi pembelajaran terdiri dari beberapa metode misal strategi ekspositori memakai metode ceramah, tanya jawab, mendengarkan, dan lain-lain.  Jadi metode pembelajaran merupakan isi dari pada strategi yang direncanakan.

3. Pendekatan pembelajaran
Pendekatakan pembelajaran adalah sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, misalnya pendekatan yang berpusat pada guru memakai strategi ekspositori, pendekatan yang berpusat pada siswa dapat memakai strategi inkuiri

4. Teknik
Teknik pembelajaran adalah cara yang di lakukan oleh guru dalam mengimplementasikan metode, misal metode ceramah agar lebih baik dan efisien guru harus banyak humornya atau memakai suara yang keras




Tag : Pendidikan
Back To Top